9 Makanan Super Gizi

, 0 komentar

Untuk mendapatkan kesehatan yang prima tubuh kita memerlukan asupan gizi yang tidak sedikit untuk setiap harinya... dan untuk memenuhi kebutuhan gizi itu kita memerlukan makanan yang bergizi tinggi.. apa sajakah makanan super gizi yang sangat baik untuk kita konsumsi?? dan apa saja kandungan dari makanan super gizi ini sehingga mereka baik untuk di konsumsi setiap hari??

1.Brokoli

Kandungan : Zat Besi, Sulforaphene, Kalsium, Asam Folik, serat, Vitamin A dan C
Khasiat : Meningkatkan Imunitas serta pembentukan sel dalam tubuh. kandungan asam foliknya terkenal berkhasiat melawan kanker terutama Kanker Payudara, cervix (kanker mulut rahim) colon dan paru paru. Brokoli juga kaya akan chromium yang bermanfaat membantu mengatur insulin dan gula darah dalam tubuh, selain itu, brokoli juga dapat mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Oh ya 1 lagi.. Brokoli juga mampu memperlambat penuaan dini..

2.Pepaya

Kandungan :Antioksidan (Vitamin C dan karotenoid) Vitamin A dan Potasium.
Khasiat :Dapat mempertahankan tekanan darah anda dalam kondisi yang normal, di dalam buah pepaya segar terdapat sebuah enzim yang menjadi katalisator penambah kecepatan reaksi dalam tubuh, di dalam tubuh, pepaya juga membantu mencerna daging dan tepung sehingga memperlancar pencernaan, selain itu pepaya juga membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah memar.

3. Bawang Putih

Kandungan :Alicin, Selenium
Khasiat :Membunuh parasit, bakteri dan virus, mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat menghalangi terjadinya penyumbatan pada arteri, meningkatkan sistem imunitas tubuh serta mengontrol tekanan darah. dapat menurunkan kadar kolesterol, bawang putih juga memiliki zat anti kanker, bila di konsumsi dalam dosis tinggi dapat menyembuhkan radang otak, mengurangi sakit pada persendian, menambah energi, meningkatkan nafsu makan dan libido.

4.Kacang Kedelai

Kandungan :Genistein, Vit A,D,E,K. Natrium, Fosfor, Kalsium, protein
Khasiat :Mutu protein kacang kedelai hampir setara dengan mutu protein pada daging, kedelai ini kaya akan isoflavonoids yang berguna untuk mencegah kanker, dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita, mencegah kanker, memperkuat tulang, menurunkan kadar kolesterol.

5.Tomat

Kandungan :Lycopene asam folik, Vitamin C, Potasium, Beta Carotene, flavonoids
Khasiat :meminimalkan resiko kanker(terutama kanker pankreas) serta mencegah peradangan usus buntu, Lycopene pada tomat merupakan antioksidan yang dahsyat dalam menetralisir radikal bebas perusak sel-sel kulit, tomat juga mengandung chlorine yang berfungsi untuk merangsang hati untuk menyaring sisa bahan beracun dan menjaga hati dari peradangan, tomat juga ampuh untuk mencegah sakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Ikan Laut

Kandungan :Kalsium, Zinc, Vitamin B dan D
Khasiat :Mengkonsumsi ikan laut sedikitnya 30gr sehari dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 50%, zat aktif yang berperan dalam hubungan tersebut adalah asam lemak omega 3 yang terbukti menurunkan kadar kolesterol darah (hipokolesterolemik) dan mencegah terjadinya penggumpalan keping keping darah sehingga menghindari penyumbatan pembuluh darah lalu mencegah jantung koroner, Mengurangi resiko penyakit diabetes melitus, hipertensi, kanker, penyakit kulit, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah osteoporosis dan mencegah penyakit degeneratif.

7.Semangka

Kandungan :Antioksidan (Vitamin A dan C), Potasium
Khasiat :Kandungan airnya yang mencapai 90% dari isi buah sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, mempercepat penyembuhan luka, menjaga gusi tetap sehat, mencegah memar, dan meningkatkan imunitas.

8.Yoghurt

Kandungan :Protein, Kalsium, Fosfor, niacin, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin A
Khasiat :menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung koroner, memproduksi sel darah yang sehat, mencegah osteoporosis, mencegah luka lambung dan usus, menyembuhkan diare, yoghurt memiliki nilai gizi yang lebih baik dibanding dengan susu segar, yoghurt cocok diminum untuk mereka yang sedang dalam proses diet rendah kalori dan intoleran terhadap protein susu.

9.Oat Meal

Kandungan :Protein, Silica, Potasium, Magnesium, Serat Larut dan tak larut, Vitamin.
Khasiat :silica yang terkandung dalam oat meal baik dalam mengatasi masalah pada kulit, potasium baik untuk kesehatan otak dan fungsi otot, sedangkan magnesium untuk pembentukan tulang dan pemeliharaan sel, oat meal ini memiliki daya proteksi yang tinggi terhadap kanker, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi ketegangan pada syaraf, serat pada oatmeal sangat baik membantu proses pencernaan, karena kandungan karbohidrat kompleksnya tinggi. oatmeal baik untuk di makan saat sarapan karena melepaskan energi secara perlahan-lahan sehingga bisa menjadi pengganjal lapar hingga waktu makan siang tiba.

Nah bagaimana?? mulailah hidup sehat anda dari sekarang, jangan tunggu nanti.. hargailah kesehatan anda, konsumsilah makanan super gizi dengan teratur.. Semoga informasi ini berguna bagi anda.

0 Response to "9 Makanan Super Gizi"

Posting Komentar